Kesemrawutan Kota Jakarta (Studi Kasus: Kawasan Pulo Gadung)

Pada penulisan kali ini saya ingin membahas mengenai kesemrawutan Kota Jakarta.

 

PERMASALAHAN

 

APA KALIAN SETUJU KESEMRAWUTAN DI KOTA JAKARTA KARENA KESALAHAN PERUNTUKKAN LAHAN?

 

STUDI KASUS

 

KAWASAN PULO GADUNG, JAKARTA TIMUR

 

Gambar 1.1 Situasi di kawasan industri Pulo Gadung

 

Data gambar

Lokasi             : Jalan Raya Pulo Gadung, Jakarta Timur

Waktu             : 18.00

Situasi            : Terjadi kemacetan yang cukup parah

 

Analisis

Kemacetan di lokasi ini kerap kali terjadi dengan waktu yang sama di setiap harinya. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang keluar dari lokasi kawasan industri secara bersamaan(jam pulang kantor). Menurut saya ini merupakan satu kondisi dimana terjadi sebuah fenomena yang menuju pada satu titik yaitu adanya kesalahan dalam pengaturan lalu lintas. Dalam hal ini, menurut saya peruntukkan lahan di kawasan industri Pulo Gadung sudah tepat berada di lokasi yang ditempati sekarang karena untuk sebuah kawasan industri yang padat akan pabrik-pabrik memang tepat diletakkan di pinggir kota Jakarta agar polusi di pusat kota tidak semakin parah.

Namun ada beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya kepadatan di sekitar area ini yaitu banyaknya pekerja yang berasal dari daerah Bekasi yang bekerja di kawasan industri. Hal ini mengakibatkan jalanan tidak mampu menampung seluruh aktivitas di sekitar kawasan ini, dan akhirnya terjadi kemacetan yang parah.

Selain itu akses dari kawasan industri ini terbuka dan seringkali dijadikan sebagai tempat untuk memutar balik kendaraan menuju ke daerah Kelapa Gading yang pada akhirnya menambah jumlah kendaraan yang keluar dari kawasan ini.

 

Solusi

Adapun beberapa solusi yang menurut saya dapat dilakukan dalam memperbaiki situasi di kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta Timur :

  1. Menertibkan lalu lintas di kawasan ini(pengendara motor dapat menggunakan jalur lambat sedangkan pengendara mobil menggunakan jalur cepat sehingga akan terlihat lebih tertib)

 

Gambar 1.2 Pengendara motor dan mobil berada di jalur cepat

  1. Menertibkan pengendara kendaraan bermotor yang sering melakukan putar balik di dalam kawasan industri.
  2. Pelebaran jalan(jika dimungkinkan hal ini akan membawa dampak perubahan yang cukup besar karen dengan bertambahnya jalur akan memperlancar arus di jalan). Ada beberapa titik dimana terjadi penyempitan jalan yang berakibat kendaraan ingin saling mendahului satu sama lain yang berakibat kemacetan.
  3. Pegawai-pegawai yang berkerja di kawasan industri Pulo Gadung sebaiknya berdomisili di daerah sekitar kawasan ini seperti di daerah Penggilingan, Cakung, Pulo Gebang, Rawamangun, Kelapa Gading sehingga tidak akan terjadi kemacetan menuju arah Bekasi.
  4. Penduduk yang berdomisili di Bekasi sebaiknya diarahkan untuk bekerja di kawasan industri yang terdapat di kota Bekasi sehingga tidak terjadi penumpukkan di kawasan industri Pulo Gadung.
  5. Memberlakukan sistem 3in1 pada Jalan Raya Pulo Gadung(bila dimungkinkan akan mengurangi kemacetan di daerah ini)
  6. Memfasilitasi penduduk kota Jakarta dengan transportasi publik yang lebih baik dan aman sehingga mereka akan lebih memilih menggunakan kendaraan publik daripada kendaraan pribadi.
  7. Perbaikan rambu-rambu lalu lintas di kawasan ini(seringkali terjadi tumpang tindih antara pengendara dari arah yang berlainan akibat lampu lalu lintasnya mati/kacau).

 

KESIMPULAN

Menurut saya salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kesemrawutan di Kota Jakarta adalah adanya ketidaktertiban pengendara dan adanya proses nglaju yang dilakukan penduduk di kota lain yang berdampak padatnya aktivitas di Kota Jakarta.

Untuk kasus kawasan industri Pulo Gadung, peruntukkan lahan sudah tepat hanya saja banyaknya pegawai yang berdomisili di daerah Bekasi sehingga jalanan di sekitar kawasan ini menjadi semrawut. Untuk solusi sebaiknya bagi pekerja di kawasan ini ada baiknya berdomisili di daerah sekitar kawasan industri sehingga intensitas kemacetan di daerah ini dapat berkurang.

Published in: on March 6, 2011 at 7:58 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://winnerfirmansyah.wordpress.com/2011/03/06/kesemrawutan-kota-jakarta-studi-kasus-kawasan-pulo-gadung/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: