Perilaku Manusia pada Ruang Terbuka

Manusia adalah subyek utama dalam suatu lingkungan. Baik tidaknya suatu lingkungan ditentukan oleh manusia sendiri. Ruang Terbuka merupakan salah satu lingkungan yang sangat sering digunakan oleh sekelompok manusia pada umumnya. Contoh-contoh dati ruang terbuka diantaranya:

  • Taman, baik itu taman lingkungan, taman kawasan, hingga ke taman kota
  • Playground, biasanya menyediakan fasilitas penunjang aktivitas anak-anak dalam hal bermain
  • Plaza, berupa ruang terbuka yang biasanya digunakan oleh manusia untuk banyak kegiatan, biasanya plaza ini merupakan ruang terbuka yang terdapat diantara banyak bangunan, atau bahkan suatu bangunan memiliki plaza tersendiri yang dapat diakses oleh pengguna bangunan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan pun beragam, tergantung dari fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh ruang terbuka tersebut.

Taman :

  • Biasanya taman hanya berfungsi sebagai sarana penghijauan yang terdapat diantara padatnya pemukiman/perkantoran suatu wilayah. Adapun taman biasa digunakan hanya untuk duduk-duduk dan bersantai, bahkan hanya sebagai sirkulasi penghubung antar bangunan.

 

Playground :

  • Taman kanak-kanak yang biasanya disediakan di suatu pemukiman yang mayoritas masih memiliki anak-anak di bawah umur 12 tahun.
  • Taman ini biasanya menyediakan fasilitas berupa permainan-permainan yang dapat diakses secara umum oleh anak-anak, tidak terkecuali dapat juga digunakan oleh orang-orang dewasa.
  • Kecenderungan orang dewasa biasanya menggunakan ayunan(swing) untuk duduk-duduk bersantai, mengobrol bersama teman, padahal fasilitas ini ditujukan kepada anak-anak kecil.
  • Anak-anak kecil biasanya akan menggunakan kolam pasir untuk bermain bersama, membuat macam-macam bentukan seperti kastil, dsb.

Plaza :

  • Plaza biasanya digunakan oleh penduduk yang mobilitasnya tinggi karena letaknya berada di kawasan metropolitan
  • Plaza pada umumnya berupa ruang terbuka yang berfungsi sebagai areal terbuka untuk penghijauan kawasan dan sebagai alternatif penghubung antar bangunan.
  • Karena letaknya yang strategis biasanya plaza akan ramai dilewati oleh banyak orang.
  • Kegiatan yang dilakukan pun beragam seperti, duduk-duduk sambil membaca koran, mengobrol, membeli makanan-minuman(biasanya ada plaza yang di dalamnya terdapat orang-orang yang berjualan), atau hanya digunakan oleh orang-orang yang lalu-lalang melewatinya.

 

Published in: on March 27, 2010 at 11:55 am  Leave a Comment  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://winnerfirmansyah.wordpress.com/2010/03/27/perilaku-manusia-pada-ruang-terbuka/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: